WAJIB DICOBA! Resep Rahasia Kerupuk (sisa) nasi

Posted on
WAJIB DICOBA! Resep Rahasia Kerupuk (sisa) nasi

Blog Resep Masakan Sederhana Kreasi.Web.ID Memberikan Ide Masakan Untuk Membuat Resep Masakan Sederhana Sehari-hari

Kerupuk (sisa) nasi.
Resep Kerupuk Gendar Nasi Sisa Tanpa Bleng Renyah Sederhana Spesial Asli Enak. Nasi sisa bukan berarti nasi basi yang sudah tidak layak dimakan karena telah ditumbuhi jamur memang tidak. Kerupuk nasi memiliki rasa yang gurih sekali ya, cocok untuk disantap bersama makanan lain.

Pada artikel kali ini, kita akan membuat Kerupuk (sisa) nasi dengan 9 langkah. Mari disimak cara membuatnya.

Kerupuk (sisa) nasi

Tahapan yang harus dilalui untuk membuatnya memang cukup panjang, tetapi sebenarnya tergolong mudah.

Biasanya kalo punya nasi sisa di apain nich moms?

Kalo di buang, duhh sayang banget ya.

Kamu bisa membuat Kerupuk (sisa) nasi menggunakan 6 bahan ini dan hanya dengan 9 cara simpel untuk membuatnya. Langsung saja disimak

Bahan yang dibutuhkan untuk mengolah Kerupuk (sisa) nasi

  1. Siapkan Nasi (sisa) asal ga bau & kuning.
  2. Ambil Garem.
  3. Siapkan Kaldu jamur.
  4. Siapkan Ketumbar bubuk.
  5. Ambil Tepung tapioka / aci.
  6. Ambil Bawang putih.

Sekarang kalo ada nasi sisa, ngga usah di buang.

Kerupuk atau krupuk adalah makanan ringan yang pada umumnya dibuat dari adonan tepung tapioka dicampur bahan perasa seperti udang atau ikan.

Kerupuk dibuat dengan mengukus adonan sampai matang, kemudian dipotong tipis-tipis.

Kalau bunda ada sisa nasi jangan dibuang buatlah cemilan kerupuk nasi.

Cara mengolah Kerupuk (sisa) nasi

  1. Rendam sisa nasi ±1jam.

  2. Buang air rendaman. Lalu blender sisa nasi, bawang putih, garam, kaldu jamur & ketumbar bubur..

  3. Tuang ke dalam mangkok, tambahkan tepung tapioka / aci. Aduk rata banyak nya aci dikira2 aja soalnya saya jg ga ngitung brp sendok wkwk. Sambil ngaduk, panaskan kukusan.

  4. Lalu, koreksi rasa. Kalo udh oke masukin misting anti panas (saya ga dibentuk, lgsg masukin misting aja hhe). Kukus sekitar 30 menitan.

  5. Cek mateng ngga nya, bisa ditusuk pake tusuk gigi or garpu kalo adonan nempel blm mateng..

  6. Kalo udh mateng, diam kan sampe suhu ruang. Masukin kulkas.

  7. Pas udh aga keras, potong2 sesuai selera.

  8. Lalu jemur sampe kering. Ngejemur nya jgn ketumpuk2 biar cepet kering. Saya ngejemur sekitar 2harian baru bener2 jd kerupuk.

  9. Lalu goreng deh hhe.

Nasi sisa bisa diolah jadi kerupuk gendar yang renyah.

Cocok buat camilan atupun teman makan pecel yang melegenda.

Bila memiliki nasi sisa di rumah, kamu bisa mengubahnya menjadi kerupuk gendar.

Kerupuk gendar terbuat dari adonan nasi yang telah dibumbui rempah sehingga rasanya menjadi gurih dan teksturnya.

Seringkali juga kerupuk rengginang dibuat dari nasi sisa yang tak termakan, lalu dijemur dan dikeringkan untuk kemudian digoreng dan dijadikan rengginang.


 

Sumber Resep : https://cookpad.com/id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *