Resep Terfavorit Kalio Jariang (Jengkol) khas Minang Enak

Posted on
Resep Terfavorit Kalio Jariang (Jengkol) khas Minang Enak

Beragam Resep Masakan Padang Enak dan Sedap

Kalio Jariang (Jengkol) khas Minang.
Jujur ini kali pertama aku masan kalio jengkol. Alhamdulillah berhasil dan enak banget🧡 Septia aja. Kalio Jariang(Jengkol) Kalo masaknya kalio jengkol ni, sering lupa kalo udah makan, he he he. gagal lagi dietnya neh. 🙆🙆🙆 Kalio Jariang atau Kalio Jengkol merupakan salah satu makanan khas Minang.

Kalio Jariang (Jengkol) khas Minang

Alhamdulillah berhasil dan enak banget🧡 Dapur Artha Kemang.

Masakan Padang itu khas banget selain full pedas juga full bumbu dan rata rata mahal terlebih bagi kita yang jauh di Jakarta.

Di Jakarta masakan Padang yang betul.

Kamu bisa masak Kalio Jariang (Jengkol) khas Minang menggunakan bahan-bahan 17 dan langkah-langkah 3. Berikut cara memasaknya.

Bahan-bahan Kalio Jariang (Jengkol) khas Minang

  1. 15 buah Jengkol tua (rebus dan geprek).
  2. 1 liter Santan kental.
  3. 1 lembar Daun Kunyit (Optional).
  4. 2 lembar Daun Jeruk.
  5. 2 lembar Daun Salam.
  6. 1 buah Asam Kandis.
  7. 1 batang Sereh geprek.
  8. Bumbu Halus.
  9. 100 gr Cabe merah keriting.
  10. 50 gr Cabe rawit orange.
  11. 5 siung Bawang Putih.
  12. 10 siung Bawang Merah.
  13. 2 ruas Jahe.
  14. 2 ruas Lengkuas.
  15. 1 ruas Kunyit.
  16. 2 buah Kemiri (sangrai).
  17. 1/2 sdt Pala.

Resep Kalio Jariang (Jengkol) khas Minang.

Jujur ini kali pertama aku masan kalio jengkol.

Craftlog Mulanya, jengkol yang sudah dikupas akan direbus hingga empuk, lalu bumbu-bumbu dimasukkan ke dalam santan yang tengah dididihkan, ditambahkan pula jengkol tadi, dan dimasak hingga kuah gulai yang bertekstur ala ‘kalio’ pun didapatkan.

Kamu yang ngaku penggemar jengkol, harus banget nih coba Kalio Jariang khas Minang.

Langkah-langkah Kalio Jariang (Jengkol) khas Minang

  1. Campurkan bumbu halus dengan santan dan dedaunan, aduk rata dan nyalakan api.

  2. Aduk terus agar tidak pecah santan hingga mengental.

  3. Masukan jengkol yang sudah di rebus lalu aduk terus hingga kering dan mateng.

Lihat juga resep Kalio Jariang (Jengkol) khas Minang enak lainnya!

Kalio Jariang merupakan salah satu menu khas Minangkabau.

Gambar ini dijepret saat mendoa “lapeh puaso” di rumah keluarga di Muaralabuah.

Bahkan, sajian khas Minang yang satu ini dinobatkan sebagai makanan paling enak sedunia versi CNN International.

Tapi, mungkin nggak semua orang tahu apa itu kalio.


 

Sumber Resep: https://www.cookpad.com/id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *