Resep Rahasia Ayam Balado Merah Mudah

Posted on
Resep Rahasia Ayam Balado Merah Mudah

Beragam Resep Masakan Padang Enak dan Sedap

Ayam Balado Merah.

Ayam Balado Merah

Kamu bisa masak Ayam Balado Merah menggunakan bahan-bahan 12 dan langkah-langkah 9. Berikut cara masaknya.

Bahan-bahan Ayam Balado Merah

  1. 5-6 potong paha dan sayap ayam.
  2. 1/2 cup minyak goreng.
  3. Bumbu halus.
  4. 8 cabe gendut merah.
  5. 4 cabe merah keriting.
  6. 1-2 cabe rawit domba kalo mau ekstra pedes.
  7. 5 bawang putih.
  8. 6 bawang merah.
  9. Bumbu kasar.
  10. 1 lbr daun salam.
  11. 2 lbr daun jeruk.
  12. secukupnya Garam, merica, penyedap.

Langkah-langkah Ayam Balado Merah

  1. Didihkan air di panci untuk merebus ayam sampe mateng atau setidaknya sampe gak keluar darah lagi. Tusuk2 pake garpu untuk mastiin ayam mateng sampe dalem. Tiriskan. Air rebusan ayam bisa disimpen untuk dipake masak sup krn kaya akan kaldu ayam dsitu.

  2. Ulek atau kalau aku sih dimasukkin ke chopper blender, semua bumbu halus. Jangan sampe terlalu lembut ngancurinnya. Yang penting sampe tercacah kecil2 aja. Sisihkan.

  3. Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Lalu goreng ayam yg tadi udah direbus sampe coklat. Aku sih suka sampe agak kering..

  4. Angkat ayam dan tiriskan..

  5. Kurangi minyak bekas goreng ayam hingga kira2 tinggal sisa 1/2cup. Jaga di api kecil sedang lalu tumis bumbu halus sampe wangi..

  6. Setelah wangi, masukkan bumbu kasar, aduk2 sampe mateng..

  7. Masukkan garam, merica, penyedap dan sedikit gula hingga didapat rasa yg cocok..

  8. Setelah rasa sambel balado nya pas, boleh agak diasinin, masukkan ayam yg tadi udah digoreng.

  9. Aduk2 sampe seluruh ayam terselimuti sambel balado. Matikan kompor, Ayam Balado siap disantap 💗💗.


 

Sumber Resep: https://www.cookpad.com/id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *