Resep Itiak lado mudo (bebek cabe ijo) Asli

Posted on
Resep Itiak lado mudo (bebek cabe ijo) Asli

Beragam Resep Masakan Padang Enak dan Sedap

Itiak lado mudo (bebek cabe ijo).
Itiak lado mudo Pak Ayang adalah Oleh-oleh khas Bukittinggi yang merupakan masakan khas ngarai sianok dan Koto Gadang. Resep dari ibu yang paling pinter memasak. Itiak Lado Mudo ini merupakan makanan yang paling ngangenin dari Bukittinggi.

Itiak lado mudo (bebek cabe ijo)

Itiak lado mudo (Bebek cabe ijo) CumiLebay.com.

Ada banyak menu khas Minang yang menggunakan racikan bumbu sambal hijau.

Itiak lado muda ini adalah salah satunya.

Kamu bisa masak Itiak lado mudo (bebek cabe ijo) menggunakan bahan-bahan 17 dan langkah-langkah 5. Berikut cara membuatnya.

Bahan-bahan Itiak lado mudo (bebek cabe ijo)

  1. 1 ekor bebek.
  2. 1/2 kg cabe ijo.
  3. 5 siung bawang merah (diiris).
  4. 2 buah jeruk nipis.
  5. 2 buah asam kandis.
  6. 1 batang sereh (digeprek).
  7. 2 lembar daun salam.
  8. 4 lembar daun jeruk.
  9. 1 lembar daun kunyit.
  10. Secukupnya garam.
  11. Secukupnya air.
  12. Secukupnya minyak goreng.
  13. Bumbu halus.
  14. 1,5 sdm bawang putih.
  15. 1 sdm lengkuas.
  16. 1 sdm jahe.
  17. 1 sdm kunyit.

Itik atau bebek akan dimasak bersama bumbu-bumbu hingga meresap, empuk, dan keluar minyaknya.

Bebeknya dimasak dengan cabe ijo dan bumbu lainnya.

Pas dipanasin, aroma bawang putihnya menguar, bikin saya nggak sabar pengen cepet-cepet makan, hahah.

Itiak Lado Mudo (Bebek Cabe Ijo) Pertama kali nyobain Itiak Lado Mudo itu di Sianok, kampungnya ayahnya Uwais, pedesnya nampol, daging bebeknya empuk dan rasanya bener-bener enak, kalo lagi ga nafsu makan pake lauk ini mungkin makannya malah bisa nambah-nambah, hihihi.

Langkah-langkah Itiak lado mudo (bebek cabe ijo)

  1. Stelah bebek disemblih tutup dulu 5 menit,pastikan bebeknya udah mati.rendam bebek di baskom dgn air mendidih sampe terendam.cabutin bulu2nya.stelah semua bulu dicabutin,bakar bagian kulit sampe keluar minyak.lalu potong bagian buntut bebek ada warnanya kuning nah itu dibuang sampe bersih (karna itu yg bikin bebek rasanya amis)..

  2. Cabe ijo digiling pake garam kasar 1 sdm,n sebelum digiling,kasi dulu perasan air jeruk nipis,baru digiling (ini supaya cabe ijonya ga brubah warna jd item)..

  3. Panaskan minyak goreng,tumis bumbu halus,bawang merah,serei,asam kandis,dan daun2 sampe wangi..lalu masukkan cabe yg sudah digiling td,aduk rata sampe mateng cabenya..

  4. Stelah cabenya mateng,masukkan air,nangka muda n potongan bebek td,airnya sesuai selera,diamkan pake api sedang,ntar airnya menyusut,cek dagingnya,kalo belum ampuk,tambah lg air,begitu smpe daging empuk..

  5. Stelah nangka muda n daging empuk,air akan menyusut,bagi penyuka kuah boleh ditambah air sesuka selera n masukkan garam,aduk sampe mendidih,cek rasa,kalo udah pas,siap deh..

Namanya adalah Itiak Lado Mudo atau bahasa sederhananya disebut bebek cabe ijo.

Itiak Lado Mudo adalah salah satu Kuliner Khas Bukittinggi yang amat sangat enak dan gurih saat dinikmati.

Mungkin masyarakat daerah lain yang belum mengetahui rasa masakan yang satu ini, akan bertanya-tanya dan penasaran dengan rasanya.

Itiak lado mudo / Bebek cabe ijo ini dimasak dengan bumbu pilihan tanpa bahan pengawet dan dengan resep asli turun temurun khas Ngarai Sianok Bukittinggi.

Masakan khas Bukittinggi ini menawarkan sensasi rasa pedas yang menggugah selera.


 

Sumber Resep: https://www.cookpad.com/id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *