Resep Asli Sambalado cangkuak Nikmat

Posted on

Sambalado cangkuak.
Resep Sambalado Cangkuak. #pr_mamakkusayang #cookpad_paders #resepmaqueenva Sambalado cangkuak ini dulu yang bikin saya mau makan cabe,ingat waktu masih kecil mama suka banget bikin sambalado ini buat alm.papa 😢 Dulu itu masak nya pakai kayu jadi rasa asli nya itu enak banget&di tambah itu. Sambalado cangkuak adalah masakan yang berasal dari Minang Sumatera Barat , rasanya pedas dan gurih yang cocok dimakan ketika cuaca dingin dan para penjelajah kuliner pedas. Sambalado cangkuak Sambal ini berasal dari padang Panjang, wilayah yang dikenal termasuk dingin di Sumatra Barat.

Sambalado cangkuak

Kok namo bialah buruak, tapi buah kenangan nan tuo-tuo.

Kok ndak basuo si tulang cancang, bisa diganti jo udang saia, maco arai jadih juo, pati nasi nan basiramkan, aia didiah urang di namokan.

SAMBA CANGKUAK Amak wak guru SD.

Kamu bisa memasak Sambalado cangkuak menggunakan bahan-bahan 19 dan langkah-langkah 1. Berikut cara memasaknya.

Bahan-bahan Sambalado cangkuak

  1. 1/2 ons teri medan kecil cuci bersi.
  2. 2 bh tahu potong kotak goreng sebentar.
  3. 1 bh kentang potong kotak.
  4. 15 btr telur puyuh rebus.
  5. 1 btg serai geprek.
  6. 3 lembar daun jeruk.
  7. 2 lembar daun salam.
  8. 1 bh asam kandis (ga pake).
  9. 1 btg daun bawang iris kasar (ga pake).
  10. 1 bh tomat merah besar iris kotak (ga pake).
  11. Bumbu halus:.
  12. 10 bh cabe merah keriting.
  13. 5 siung bawang merah.
  14. 3 siung bawang putih.
  15. secukupnya Garam.
  16. secukupnya Air.
  17. Gula/Penyedap.
  18. Minyak secukupnya menumis.
  19. Kerupuk kulit (optional) aku pake.

Jo paruk alah ba isi nasi Samba cangkuak.

Katiko mamasak nasi Menurutnya, Ke depan slogan belum ke Padang Panjang kalau belum makan sate akan dapat digandengkan dengan belum ke kota hujan itu kalau belum makan sambalado cangkuak. “Kepada seluruh rumah makan dan restoran di Padang Panjang, kami himbau untuk menyediakan menu spesial sambalado cangkuak untuk melestarikan budaya daerah,” ujarnya.

Setiap daerah pastinya punya sambal favorite, begitu juga ranah minang.

Sebut saja, sambalado hijau, sambalado tanak, sambalado durian, dan banyak yang lainnya.

Langkah-langkah Sambalado cangkuak

  1. Haluskan bumbu halus. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, masukkan daun jeruk, daun salam, serai,daun bawang, tumis sebentar tambahkan air. Masukkan kentang, tahu, kasi garam, gula/penyedap dan tomat iris. Aduk dan masukkan ikan teri. Koreksi rasa. Masukkan kerupuk kulit. Tunggu sampai matang..

Untuk kali ini sebagai penggugah selera saya sesuaikan dengan bahan yang ada di kulkas.

Sambalado tanak ini masakan khas minang, masakan kampung / masakan rumah. kalo gak salah aslinya dari daerah Tanah Datar, tapi tiap daerah di Sumbar punya cirikhas sambalado tanak masing-masing, ada yang pake pete, kentang, telor puyuh, jengkol, teri, resepnya juga beda-beda,, ini resep sambalado tanak dari kampung saya, mungkin ada yang mo nyoba bikin, di jamin enaaak banget,, pedesssss.

VIVA – Kota Padang Panjang berhasil memecahkan rekor memasak Sambalado Cangkuak terbanyak di dunia.

Dalam akun Generasi Pesona Indonesia atau GenPI Padang Panjang, sepanjang Jalan Sudirman, Kota Padang Panjang digelar Festival Cangkuak.

Masakan padang dirasa dapat memenuhi selera makan anda.

 

Sumber Resep: https://www.cookpad.com/id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *