Resep: Asin Cumi Gula Asem Yang Maknyus

Resep: Asin Cumi Gula Asem Yang Maknyus

Resep Rumahan Masakan Indonesia.

Asin Cumi Gula Asem.

Asin Cumi Gula Asem

Kamu bisa menyiapkan Asin Cumi Gula Asem menggunakan 15 bumbu dalam 6 langkah. Begini cara menyiapkan nya.

Bumbu Asin Cumi Gula Asem

  1. Siapkan 125 gram asin cumi.
  2. Diperlukan 4 siung bawang merah.
  3. Siapkan 4 siung bawang putih *bebas ya.. soalnya aku suka bgt, jd banyak.
  4. Siapkan 4 lembar daun jeruk.
  5. Diperlukan 1 jeruk sambel (boleh pake/ngga).
  6. Siapkan 50 gram gula merah.
  7. Siapkan 1 bungkus asem jawa *kira² 2buku jari.
  8. Siapkan 2 cm lengkuas *geprek.
  9. Kamu perlu 2 jahe *geprek.
  10. Kamu perlu 2 lembar daun salam.
  11. Diperlukan 2 cabe merah.
  12. Siapkan 3 cabe rawit.
  13. Siapkan 1 serai.
  14. Kamu perlu 2 sdt Minyak goreng.
  15. Diperlukan 1 gelas air.

Instruksi memasak Asin Cumi Gula Asem

  1. Iris dulu semua bahan, kecuali dedaunan dan jeruk yaa. Lalu panaskan minyak..
  2. Sudah panas, tumis semua bahan, kecuali jeruk sambel.
  3. Udah harum, masukin asin cumi nya, terus gula yg udh diiris dan asem jawa nya, pake air deh…
  4. Tunggu semuanya sampai meresap dan air nya mulai berkurang. Diaduk² dikit boleh.
  5. Aku sengaja ga digosongin, soalnya pengen ada air² nya di nasi. Biasanya digosongin. Kalo udh nyisa dikit airnya, baru kasih jeruk sambel nya, biar harum dan agak asem jeruk, (kesukaanku sih, boleh ga dipake).
  6. Siap deh sajikan.


 

Sumber Resep: https://cookpad.com/id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *