Simak Cara Mengajari Anak 1 Tahun Sikat Gigi

Seiring berjalan waktu, anak terus mengalami perkembangan. Banyak hal yang harus kita lakukan sebagai orang tua untuk membimbing dan mendidiknya. Salah satunya aktifitas yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari, yaitu sikat gigi. Lalu bagaimanakah cara mengajari anak 1 tahun sikat gigi?

Sebelumnya Anda harus pahami bahwa cara mendidik anak harus disesuaikan dengan umurnya. Mendidik dan mengajari anak usia 5 tahun tentu berbeda dengan anak yang masih berusia 1 tahun.

Setelah anak menginjak usia 1 tahun, biasanya orang tua mulai mengajarkan beberapa hal penting, antara lain membersihkan badan seperti mandi, sikat gigi, bahkan mulai memberi arahan untuk buang air ke kamar mandi. Orang tua harus telaten dan sabar dalam mengajarkan hal yang dianggap baru oleh si anak. Terlebih lagi sikat gigi. Nah, berikut ini ada beberapa cara mengajari anak 1 tahun sikat gigi yang bisa Anda praktekkan dirumah.

Cara Mengajari Anak 1 Tahun Sikat Gigi

1. Selalu berikan contoh kebiasaan sikat gigi

Pada dasarnya anak usia 1 tahun belum begitu memahami suatu perintah. Untuk itu Anda sebagai orang tua harus memberikan contoh. Misalnya ketika mengajak anak mandi bersama. Perlihatkanlah bahwa menggosok gigi adalah rutinitas yang harus selalu dilakukan setiap harinya. Buatlah sebisa mungkin kegiatan menyikat gigi menyenangkan.

2. Jangan bosan memberi penjelasan manfaat dan bahaya tidak sikat gigi

Sebagai orang tua, tentunya Anda harus sabar dalam mengajari anak 1 tahun sikat gigi. Disela-sela waktu bermain dengan anak, sisipkan pengetahuan tentang sikat gigi. Apa saja manfaat sikat gigi setiap hari. Dan bagaimana pula jika tidak sikat gigi.

3. Usahakan secara rutin untuk menyikat gigi anak

Ini tentu saja bertujuan untuk membuat anak anda merasa bahwa menyikat gigi adalah kegiatan rutin saat mandi dan tidak boleh melewatkannya. Dengan cara seperti ini, anak akan memahami sendirinya bahwa sikat gigi adalah aktifitas rutin.

4. Gunakanlah sikat gigi khusus untuk anak 1 tahun

Pemilihan sikat gigi harus Anda perhatikan sebagai orang tua. Pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan umur anak. Biasanya sikat gigi tipe ini memiliki bulu yang lebih lembut. Sehingga anak tidak merasa sakit saat menggunakannya.

5. Pilih pasta gigi yang tepat

Pasta gigi tanpa fluorida tentu menjadi pilihan yang tepat. Karena tidak memberikan sensasi mint dan pedas. Jangan karena Anda salah memilih pasta gigi, anak menjadi takut untuk menyikat gigi.

Itulah beberapa cara mengajari anak 1 tahun sikat gigi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk memberikan pemahaman betapa pentingnya menyikat gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *