Danau ‘Terkutuk’ Natron, yang Bisa Ubah Makhluk Hidup Jadi Batu

Telah sejak lama Danau Natron dinobatkan sebagai danau paling tenang sekaligus menakutkan di Afrika. Terletak di Tanzania Utara, Danau Natron jadi tempat favorite para turis dunia untuk mengambil potret- potret ciamik dan fantastis.

Tak ubahnya danau terkutuk, Natron dihiasi mayat- mayat makhluk hidup yang berganti jadi‘ batu’. Ini akibat kandungan alkali yang sangat tinggi dengan tingkatan pH 10, 5 sehingga bisa membakar kulit serta mata hewan yang tidak sanggup menyesuaikan diri. Kandungan alkali dalam air berasal dari natrium karbonat dan mineral lain yang mengalir dari perbukitan ke Natron.

Natrium karbonat yang sempat digunakan dalam praktik mumifikasi Mesir juga berperan sebagai tipe pengawet natural untuk hewan- hewan bernasib sial yang mati di perairan Danau Natron.

Beberapa hewan yang mati di situ sebenarnya tidak benar- benar berganti menjadi batu, melainkan terawetkan oleh kandungan natrium karbonat dalam air danau sehingga mengganti mayat jadi mumi. Kenyataannya, kandungan alkali di Danau Natron juga sudah menunjang kehidupan makhluk lain, seperti flamingo, ikan, dan alga.

Seorang juru foto bernama Nick Brandt, sukses mengabadikan sebagian penampakan hewan yang mati di danau Netron. Hewan- hewan itu nampak seperti arca abu yang terencana dikemas di dekat danau untuk membagikan kesan angker. Hasil foto Brand diterbitkan dalam suatu novel bertajuk“ Across the Ravaged Land” pada 2013 lalu.

Pada saat Brandt berada di Netron, dia menemukan sisa- sisa mayat burung flamingo dan hewan lain yang terawetkan oleh natrium karbonat.“ Saya secara tidak sengaja menciptakan makhluk- makhluk itu– mulai dari burung sampai kelelawar– terdampar di sepanjang garis pantai Danau Natron,” tulis Brandt dalam bukunya.

“ Tidak ada yang tahu pasti gimana mereka mati, tetapi yang jelasnya airnya memiliki soda dan garam yang sangat tinggi sehingga menghilangkan warna dari kotak film saya dalam beberapa detik.”

Brandt menemukan makhluk- makhluk itu di sepanjang Danau Natron. Untuk memperoleh gambar yang sempurna, ia mengganti posisi mayat hewan ke keadaan tertentu, membuat mereka nampak lebih hidup saat dipotret.

Sepanjang masa kawin, lebih dari 2 juta ekor burung flamingo kecil( Phoenicopterus minor) menggunakan danau Natron sebagai tempat berkembang biak. Mereka bersarang di atas pulau- pulau kecil yang terbentuk di tengah danau pada disaat musim kemarau.

Terdapat 2 danau alkali yang terdapat di Afrika Timur, yaitu Natron dan Bahi. Keduanya sama- sama tidak mengalirkan air ke sungai ataupun laut. Adapun air di kedua danau tersebut berasal dari mata air panas dan sungai kecil yang terdapat di sekitarnya. Temperatur Lake Natron bisa mencapai 106 derajat Fahrenheit ataupun setara dengan 41 derajat Celsius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *