5 Cara Mudah Menghafal Perkalian 1-10 Untuk Anak

Perkalian salah satu pelajaran yang sangat sulit bagi anak. Lalu bagaimana cara mudah untuk menghafal perkalian 1-10? Perkalian biasanya diajarkan pada anak Sekolah Dasar (SD), di kelas 3. Anak-anak akan diminta untuk menghafalkan perkalian dari 1 sampai 10 sejak berada di kelas ini.

Tak sedikit, anak akan merasa kesulitan untuk mengingat hasil perkalian angka tersebut. Pada kebanyakan anak akan merasa jenuh, dan pastinya mereka butuh suatu cara dan metode yang mudah untuk menghafal perkalian. Cara mudah menghafal perkalian harus memiliki sebuah metode yang sederhana, mudah dipahami dan dipraktikkan sendiri pada anak.

Ada beberapa panduan dan tips mudah menghafal perkalian yang bisa Anda ajarkan pada anak. Cara mudah ini bisa membantu anak menghitung dengan cepat. Dalam metode ini juga disertai dengan tips agar anak lebih cepat berhitung. Berikut ini cara mudah menghafal perkalian 1-10 untuk anak yang dirangkum kreatif.web.id dari berbagai sumber.

Cara Mudah Menghafal Perkalian 1-10

Pertama : menghafal perkalian dengan menggunakan tabel

 

Tabel yang digunakan ini disebut tabel phytagoras yang terdiri dari kolom dan baris. Dalam tabel phytagoras terdapat angka 1 sampai 9 dan hasil dari perkalian 1 sampai 9.

Baris yang terdapat dibagian paling atas dan kolom paling kiri adalah variabel perkalian 1-9. Sementara angka-angka yang terdapat di baris dan kolom selanjutnya merupakan hasil perkalian kedua variabel. Sebagai contoh, jika ingin mencari hasil perkalian dari 6 × 8 maka hasilnya bisa ditemukan pada baris ke 6 kolom ke 8 yaitu 48.

Cara mudah menghafal perkalian 6 – 9 menggunakan jari

 

Bagi sebagian anak, perkalian 6 sampai 9 mungkin sangat sulit untuk dihafal dengan cepat. Dengan trik jari ini Anda bisa mengajarkan perkalian 6 sampai 9 dengan mudah.

Sebagai contoh, jika ingin mencari hasil perkalian dari 7 × 8. Maka jari yang berada di sebelah kiri adalah angka 7 dan sebaliknya, sebelah kanan adalah 8. Angka 7 tersebut diibaratkan ibu jari dan telunjuk yang terbuka dan sisanya menutup. Sementara ditangan lain angka 8 diumpamakan ibu jari, telunjuk, dan tengah yang terbuka dan sisanya menutup.

Dibagian kiri ada 3 jari dan kanan 2 jari yang tertutup, jika dijumlahkan hasilnya 5. Sebaliknya, di sebelah kiri ada 2 jari dan kanan ada 3 jari, lalu kalikanlah kedua angka itu, jadinya 2 × 3 hasilnya 6.

Selanjutnya meggabungkan kedua angka 5 dan 6. Maka Hasil dari perkalian 7 × 8 adalah 56.

Menghafal perkalian 9 dengan jari sangat mudah

Tempatkan tangan Anda di depan. Ibaratkan bahwa tiap-tiap jari mempunyai nomornya sendiri dari 1-10. Dimulai dari ibu jari sebelah kiri sebagai angka 1 dan berakhir pada kelingking sebelah kanan sebagai angka 10.

Misalkan contoh soal berikut. Anak perlu mencari hasil perkalian dari 4 × 9. Temukan jari nomor 4 yaitu jari manis sebelah kiri dan tekuk jari nomor 4 tersebut.

Sekarang mari kita hitung semua jari di sebelah kiri jari yang ditekuk. Kemudian hitung juga jari di sebelah kanan dari jari yang ditekuk. Di sebelah kiri Anda akan mendapatkan 3 jari dan di sebelah kanan Anda punya 6 jari. Selanjutnya gabungkan kedua angka ini, 3 dan 6. Maka hasil dari 4 × 9 adalah 36.

Menggunakan aplikasi ponsel untuk menghafal perkalian dengan mudah

Tak hanya bantuan tabel ataupun jari saja, Anda juga dapat mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini. Pandulah anak-anak menggunakan aplikasi ponsel sebagai salah satu sarana belajar menghafal perkalian dengan mudah. Di Play Store Anda bisa menemukan banyak aplikasi untuk membantu perkalian agar lebih mudah.

Salah satu aplikasi terbaik yang bisa membantu adalah Multiplication Kids – Math Multiplication Tables. Dengan aplikasi ini anak akan dibantu belajar perkalian dengan game seru dan tidak membosankan.

Selamat mencoba panduan diatas untuk membantu Anda dalam mengajarkan cara mudah menghafal perkalian 1 sampai dengan 9. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *