BIKIN NAGIH! Resep Rahasia Pempek Tenggiri dan Cuko Palembang Gampang Banget

Posted on
BIKIN NAGIH! Resep Rahasia Pempek Tenggiri dan Cuko Palembang Gampang Banget

Blog Resep Masakan Sederhana Kreasi.Web.ID Memberikan Ide Masakan Untuk Membuat Resep Masakan Sederhana Sehari-hari

Pempek Tenggiri dan Cuko Palembang.

Pada artikel kali ini, kita akan membuat Pempek Tenggiri dan Cuko Palembang dengan 4 langkah. Yuk disimak cara mengolahnya.

Pempek Tenggiri dan Cuko Palembang

Kamu bisa membuat Pempek Tenggiri dan Cuko Palembang menggunakan 15 bahan ini dan hanya dengan 4 cara simpel untuk membuatnya. Mari disimak

Bahan yang dibutuhkan untuk memasak Pempek Tenggiri dan Cuko Palembang

  1. Ambil Pempek.
  2. Tambahkan 750 gram daging ikan tenggiri yg sudah dihaluskan.
  3. Ambil 1 butir putih telur.
  4. Siapkan 1/4 sendok teh Lada.
  5. Ambil 1 sdm garam munjung.
  6. Tambahkan 1/2 sdm royco/totole.
  7. Tambahkan 400 gram sagu tani.
  8. Ambil 5 siung bawang putih haluskan.
  9. Siapkan Cuko pempek.
  10. Tambahkan 300 gram gula aren batok.
  11. Tambahkan 700 ml air.
  12. Siapkan 15 buah cabe rawit haluskan.
  13. Ambil 15 buah bawang putih haluskan.
  14. Tambahkan 2 sdm asam jawa.
  15. Siapkan 1/2 sdm garam.

Cara mengolah Pempek Tenggiri dan Cuko Palembang

  1. Untuk adonan pempek campurkan langsung semua bahan kecuali sagu. Aduk sampai bumbu dan telur kecampur rata. Kalau sudah, baru masukkan sagu. Untuk pempek ini kalo bisa jangan aduk lama-lama banyak-banyak karna itu bikin alot. Remas-remas ringan sampai teraduk rata aja..

  2. Panaskan kukusan. Bagian atas kukusannya (tempat taro pempek) bisa di oles minyak biar ga lengket. Bentuk lenjer dan susun dengan diberi jarak. Jangan nempel-nempel apalagi padat sampai numpuk ya karena nanti dia kan ngembang. Maaf saya gak ada foto hiks, kira-kira kukusan saya itu diameter 26/28 dan tiap ngukus saya taro 5-6 pempek aja. Kukus 10-15 menit, tes potong tengah ya buat cek kematangannya..

  3. Kalo saya sih lebih suka kukus karena hasilnya nanti lebih kering (gak perlu tiris2) dan gak ada cerita kelembekan karena kelamaan di kukus hehe. Lebih hemat air juga loh. Saya 4 kali kukus cukup pake air yg di awal aja. Hemat gas jg jadi gak usah tunggu didihan air selanjutnya. Di kukusan akhir bisa juga rebus cabe kalo kadang pengen makannya pake sambel bangka bukan cuka..

  4. Untuk cuko sungguh tuang aja semua sekaligus, didihkan, tunggu 10 menit sembari matengin bawang cabe, test rasa deh. Kalo misal pake gula merah yg silinder itu, boleh disaring dulu karena kadang kotor. Biasa kalo batok sih nggak ya. Kalau warnanya dirasa kurang mantep bisa kasih kecap juga. Saya sih biasa begitu aja. Nanti tinggak disajikan dengan pempek tadi, pempeknya mau di goreng bisa, mau begitu aja juga udah oke. Selamat mencoba ya😉.


 

Sumber Resep : https://cookpad.com/id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *