3 Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Pemerintah Tanpa Jaminan

Berikut ini cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha maupun membuka usaha baru.

Pemerintah Indonesia memiliki komitmen untuk mendukung masyarakat yang ingin membuka usaha atau pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya. Caranya dengan menyediakan pinjaman modal usaha bunga ringan dan tanpa jaminan.

Ada banyak program pinjaman dari pemerintah yang saat ini sudah berjalan, bahkan manfaatnya sudah dirasakan oleh banyak orang. Namun, beberapa masyarakat belum mengetahui hal ini belum karena kurangnya sosialisasi dari pemerintah atau ketinggalan berita.

Nah, demi terwujudnya sila kelima, di sini akan dijelaskan jenis modal usaha serta bagaimana cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan.

Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Pemerintah

Sebelum lanjut ke pembahasan utama, Anda harus tahu dulu kalau pemerintah menyediakan pinjaman yang terbagi menjadi beberapa jenis. Yakni pinjaman KUR, UMI, dan pinjaman Kementrian UMKM.

Syarat yang harus dipenuhi jika ingin mendapatkan pinjaman dari pemerintah bisa beragam tergantung jenis pinjamannya. Selengkapnya Anda bisa membaca ulasan berikut.

  1. Pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Pinjaman ini sangat cocok bagi pelaku usaha kaki lima atau rumahan yang merasa keuntungannya sedang meningkat dan ingin mengembangkan usahanya. Pinjaman KUR berlaku untuk semua bidang usaha kecil menengah, seperti bidang F&B, pertanian, maupun peternakan.

Proses pengajuan KUR tergolong mudah, Anda hanya perlu menyiapkan berkas-berkas tanpa jaminan. Namun, yang jadi jaminan adalah bentuk fisik dari usaha yang sedang dijalankan. Bisa juga ini sebagai bukti bahwa Anda benar-benar serius ingin mengembangkan usaha.

Cara mendapatkan modal usaha dari KUR tanpa jaminan

  • Usaha sudah berjalan minimal 6 bulan
  • Maksimal pinjaman 25 juta, dengan bunga 7% per tahun
  • Mengajukan pinjaman di bank BRI, BNI, BCA, atau Mandiri
  • Membawa KTP, KK, Surat Izin Usaha (SIU)
  • Tidak sedang dalam masa pelunasan pinjaman di fintech atau lembaga keuangan
  1. Pinjaman UMI (Ultra Mikro)

Melalui Kemenkeu, pemerintah menghadirkan pinjaman Kredit Ultra Mikro yang menyasar usaha mikro yang belum bisa difasilitasi oleh bank. Maksimal pinjaman yang diberikan untuk Kredit UMi adalah Rp 10 juta dengan bunga 2-4%.

Selain itu, karena pinjaman ini khusus untuk masyarakat yang belum memiliki rekening bank, proses pengajuan dapat dilakukan di lembaga non bank seperti Pegadaian, Bahana Artha Ventura, dan Permodalan Nasional Madani (PNM).

Cara mengajukan pinjaman Kredit UMi dari pemerintah

  • Peminjam telah menjalankan usaha minimal 6 bulan
  • Tidak ada hutang dengan pinjaman online atau lembaga lain baik itu KUR, dan UMKM
  • Menyerahkan persyaratan berupa KK dan KTP
  • Mendatangi lembaga non bank seperti Pegadaian
  • Mengisi formulir pendaftaran Kredit UMi
  • Setelah disetujui, petugas akan melakukan survey ke tempat usaha Anda
  1. Pinjaman Kementrian UMKM & Koperasi

Selain dua cara di atas, Anda juga bisa mendapatkan modal usaha dari pemerintah melalui Kementrian UMKM & Koperasi. Adapun pinjaman yang diberikan sama dengan pinjaman sebelumnya, yakni tanpa jaminan.

Pinjaman yang sering disebut sebagai pinjaman Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) ini sudah dimanfaatkan oleh banyak bidang usaha untuk survive maupun membuka cabang baru. Anda bisa mengajukan pinjaman LPDB maksimal Rp 25 juta.

Adapun cara mendapatkan pinjaman LPDB untuk modal usaha

  • Usaha yang ingin dibiayai memiliki prospek dan potensi bisnis yang bagus
  • Memiliki usaha persorangan atau badan usaha yang resmi
  • Memberikan laporan keuangan selama dua tahun terakhir dan mendapatkan untung
  • Jika ingin meminjam di atas Rp 1 miliyar, Anda harus memiliki laporan yang telah diaudit oleh KAP
  • Memiliki kantor yang jelas, baik sewa maupun milik sendiri

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mendapatkan modal usaha dari pemerintah. Berbeda dengan lembaga keuangan seperti fintech, meminjam uang dari program pemerintah lebih menguntungkan karena bunganya ringan serta tidak butuh jaminan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *